Yuhuuu.. Posting di pagi hari awal minggu terakhir bulan Juli. Entah kenapa saia langsung pengen buka wordpress dan mulai ngutak-ngutik isinya.

Nah, kalo tulisan ini ceritanya pengen ngasi tips buat pengunjung setia maupun yang cuma nyasar. Ehh, emang sape sih gw?? Sok-sok kasi tips, padahal ngurus diri sendiri aja susah, hehe..

Iya sih bener, saia gak punya gelar dokter, mantri, atau perawat sekalipun. Yahh, ini cuma sharing ajah. Mau dikerjain sukur, gak mau juga sukur.

Sabar, sabar.. orang sabar disayang pacar kayak saya nii... Langsung aja hyuuk..

1. Bangunlah sebelum matahari terbit.

Bangun pagi dipercaya memberikan efek positif bagi tubuh. Hirup udara segar dan lakukan beberapa gerakan: misalkan lompat tali, lompat jauh, atau lompat genteng tetangga. Tapi ingat jika ada yang berteriak “maliiing!!” segeralah jawab “kuciiiing..”

2. Biasakan minum air putih setelah bangun tidur.

Saat tidur, tubuh juga kehilangan cairan. Minum segelas air bisa jadi penawar yang baik.

3. Buatlah jadwal buang air besar secara rutin.

Waktu-waktu sekitar jam 4-6 pagi merupakan saat terbaik untuk BAB. Karena otot-otot usus besar memang sedang giat-giatnya berkontraksi. Latihlah diri anda agar bisa rutin tiap hari BAB di jam-jam tersebut. Saia ulangi: setiap hari, jangan ditahan selama seminggu penuh! Jadi batu dah.. Noh, udah banyak produk yang katanya bisa membantu memperlancar BAB.

4. Mandi.

Yap, mandi dong! Usahakan dua kali sehari kalau airnya cukup, kalau tidak, ya cukup mandi keringat.

5. Jangan tinggalkan sarapan.

Sarapan adalah bekal energi anda di pagi hari untuk menjalani tantangan seharian nanti. Secara umum, makan secara teratur dan hindari makanan yang mengandung lemak tinggi seperti minyak goreng, minyak kayu putih, minyak rem dan minyak-minyak yang lain. Perbanyak makan buah-buahan dan sayuran yang berwarna hijau. Emm.. kalo rumput gak masuk itungan dehh. Mending buat makhluk hidup yang laen

6. Mandikan tubuh anda dengan sinar matahari.

Sinar matahari pagi bermanfaat mengubah provitamin D dalam tubuh menjadi vitamin D. Tapi bukan berarti anda aman terlalu lama bergelut dengan matahari, apalagi sampai peluk-pelukan. Sebaiknya hindari sinar matahari di rentang waktu jam 9-15.

7. Usahakan tidur dan istirahat yang cukup.

Tidur memberikan kesempatan kepada tubuh untuk relaksasi serta regenerasi sel. Kebutuhan istirahat setiap orang berbeda-beda, tergantung umur, aktivitas, serta kondisi kesehatannnya. Namun rata-rata orang membutuhkan waktu kurang lebih delapan jam sehari. Oleh karena itu perhatikan waktu tidur anda, kalau waktunya kurang ya tidur lagi kalau waktunya berlebih ya jangan lupa sedekah.

8. Bersihkan wajah anda sebelum tidur.

Biasakan membersihkan wajah sebelum tidur, bisa dengan facial foam, scrub (jangan terlalu sering) atau juga dengan susu pembersih muka. Kalau tidak ada bisa juga digunakan susu kaleng atau susu bubuk. Boleh juga ditambahkan keju atau mentega, kalau tega.

9. Bila sakit?

Bila sakit minumlah obat secara teratur. Namun jangan terlalu lama mengkonsumsi obat warung, maksimal tiga hari saja. Bila sakit berlanjut hubungi dokter. Biar bagaimanapaun juga pendapat profesional leih terpercaya. Namun jika masih belum sembuh juga ya berdoa sajalah sambil inget-inget kesalahan di masa lalu

10. Blogwalking lah!

Hehe, kalo yang ini bener-bener pendapat pribadi. Tapi tidak dipungkiri, dari blogwalking kita jadi kenal banyak orang, membaca tulisan-tulisan menarik, berbagi pengalaman hidup, dan pengaruh positif lainnya. Atau yang hobinya sekedar pertamax juga bisa menumpahkan hasratnya.

Okay, cukup sekiyan tips ngasal dari saia. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Tolong hiraukan kata-kata yang dicoret ituh, bener-bener norak gaya nulisnya.

*Tulisan nyontek dikit dari sini, gambarnya dari sini.

Advertisements